LEMBAR SOAL
SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA (AKUNTANSI DAN PENJUALAN)
PAKET SOAL :
03
HARI/TANGGAL : SENIN / 10 FEBRUARI 2014
WAKTU :
120
MENIT
PETUNJUK UMUM:
1. Tulis
nomor Anda pada lembar jawaban komputer (LJK)
2. Periksalah
dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum Anda menjawabnya
3. Dahulukan
menjawab soal-soal yang Anda anggap mudah
4.
Kerjakan
pada LJK yang disediakan
5.
Hitamilah
bulatan pada huruf jawaban yang Anda anggap benar dengan menggunakan pensil 2B
6.
Apabila
ada jawaban yang Anda anggap salah maka hapuslah jawaban yang salah tersebut
sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan pada huruf jawaban lain yang Anda
anggap benar.
Contoh:
a.
sebelum dijawab a b c
d e
b.
sesudah dijawab a
b c d e
c.
sesudah diperbaiki a b c d e
PETUNJUK KHUSUS:
Hitamkanlah bulatan pada huruf a,
b, c, d atau e yang Anda anggap benar pada lembar jawaban!
1.
|
Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 4 orang
tukang dalam 20 hari. Jika pekerjaan itu harus diselesaikan dalam 2 hari,
maka berapa orang tukang yang diperlukan ?
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
10 orang
|
D.
|
40 orang
|
|||||||||||||||||||
B.
|
20 orang
|
E.
|
50 orang
|
|||||||||||||||||||
C.
|
30 orang
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
Harga beli sebuah barang Rp 2.000.000,00
dijual dengan harga Rp 1.750.000,00.
Hitunglah persentase rugi dari penjualan!
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
10,29%
|
D.
|
16,67%
|
|||||||||||||||||||
B.
|
12,50%
|
E.
|
87,50%
|
|||||||||||||||||||
C.
|
14,29%
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
Dari sistem persamaan 3x +
5y = 4
x – 3y = 6
Nilai
2x + 3y adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
1
|
D.
|
4
|
|||||||||||||||||||
B.
|
2
|
E.
|
5
|
|||||||||||||||||||
C.
|
3
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
Penyelesaian dari
pertidaksamaan x2 – 2x – 15 > 0 adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
x < –3
atau x > 5
|
D.
|
–5 < x
< 3
|
|||||||||||||||||||
B.
|
x < –5
atau x > –3
|
E.
|
–3 < x
< 5
|
|||||||||||||||||||
C.
|
x < –5
atau x > 3
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
Jika K=
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
D.
|
|||||||||||||||||||||
B.
|
E.
|
|||||||||||||||||||||
C.
|
||||||||||||||||||||||
6.
|
Jika matriks
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
D.
|
|||||||||||||||||||||
B.
|
E.
|
|||||||||||||||||||||
C.
|
||||||||||||||||||||||
7.
|
Dealer kendaraan
menyediakan dua jenis kendaraan motor X dan motor Y. Tempat yang tersedia hanya memuat tidak
lebih dari 25 kendaraan. Harga sebuah motor X Rp 14.000.000,00 dan motor Y Rp
12.000.000,00, sedangkan dealer mempunyai modal tidak lebih dari Rp
332.000.000,00. Jika banyak motor X adalah x buah dan motor Y adalah y
buah, model matematika yang sesuai dengan permasalahan diatas adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
x + y ≤ 25, 7x +
6y ≥ 166, x ≥ 0, y ≥ 0
|
D.
|
x + y ≤ 25, 7x +
6y ≤ 166, x ≥ 0, y ≥ 0
|
|||||||||||||||||||
B.
|
x + y ≤ 25, 6x + 7y
≤ 166, x ≥ 0, y ≥ 0
|
E.
|
x + y ≥ 25, 6x +
5y ≥ 166, x ≥ 0, y ≥ 0
|
|||||||||||||||||||
C.
|
x + y ≥ 25, 7x + 6y
≤ 166, x ≥ 0, y ≥ 0
|
|||||||||||||||||||||
8.
|
Jika Ani rajin belajar
maka ia lulus ujian.
Ingkaran dari
pernyataan tersebut adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Jika Ani rajin belajar
maka ia tidak lulus ujian.
|
|||||||||||||||||||||
B.
|
Jika Ani tidak rajin
belajar maka ia lulus ujian.
|
|||||||||||||||||||||
C.
|
Jika Ani lulus ujian
maka ia rajin belajar
|
|||||||||||||||||||||
D.
|
Ani rajin belajar tapi
ia tidak lulus ujian
|
|||||||||||||||||||||
E.
|
Ani rajin belajar dan
ia lulus ujian
|
|||||||||||||||||||||
9.
|
Daerah
yang diarsir pada gambar di bawah ini
adalah daerah himpunan penyelesaian. Sistem pertidaksamaan yang
memenuhi daerah himpunan penyelesaian
adalah ….
4
2
0 6 9 X
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
D.
|
|||||||||||||||||||||
B.
|
E.
|
|||||||||||||||||||||
C.
|
||||||||||||||||||||||
10.
|
Diketahui premis-premis sebagai berikut:
P1 : Jika
harga emas naik maka harga sembako naik.
P2 : Harga
emas naik.
Kesimpulan
dari kedua premis di atas adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Harga sembako naik
|
|||||||||||||||||||||
B.
|
Harga sembako turun
|
|||||||||||||||||||||
C.
|
Harga sembako rendah
|
|||||||||||||||||||||
D.
|
Harga sembako tidak naik
|
|||||||||||||||||||||
E.
|
Harga sembako tidak turun
|
|||||||||||||||||||||
11.
|
Jika P menyatakan harga dan Q menyatakan jumlah,maka
harga pada keseimbangan
pasar dari fungsi permintaan P = 2Q
+ 11 dan fungsi penawaran 3Q = 46 – P adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
7
|
D.
|
31
|
|||||||||||||||||||
B.
|
10
|
E.
|
35
|
|||||||||||||||||||
C.
|
25
|
|||||||||||||||||||||
12.
|
Gambar
kurva parabola di bawah ini mempunyai persamaan …..
y
x
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
D.
|
|||||||||||||||||||||
B.
|
E.
|
|||||||||||||||||||||
C.
|
||||||||||||||||||||||
13.
|
Rumus suku
ke–n dari barisan bilangan 5, 2, -1,
-4,... adalah....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Un = 3n – 8
|
D.
|
Un = 3n + 8
|
|||||||||||||||||||
B.
|
Un = 3n – 5
|
E.
|
Un = –3n + 8
|
|||||||||||||||||||
C.
|
Un = 3n + 5
|
|||||||||||||||||||||
14.
|
Suku
ke-3 dan suku ke-5 suatu barisan geometri berturut-turut 8 dan 32. Jumlah 7
suku pertama barisan tersebut adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
26
|
D.
|
254
|
|||||||||||||||||||
B.
|
56
|
E.
|
255
|
|||||||||||||||||||
C.
|
140
|
|||||||||||||||||||||
15.
|
Luas daerah yang tidak diarsir pada gambar dibawah
adalah....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
196
cm2
|
D.
|
56
cm2
|
|||||||||||||||||||
B.
|
126
cm2
|
E.
|
48
cm2
|
|||||||||||||||||||
C.
|
70
cm2
|
|||||||||||||||||||||
16.
|
Keliling dari daerah yang
diarsir adalah....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
41,4 cm
|
D.
|
94,2 cm
|
|||||||||||||||||||
B.
|
62,8 cm
|
E.
|
97,4 cm
|
|||||||||||||||||||
C.
|
82,8 cm
|
|||||||||||||||||||||
17.
|
Jumlah
deret geometri tak hingga
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
44
|
D.
|
52
|
|||||||||||||||||||
B.
|
47
|
E.
|
54
|
|||||||||||||||||||
C
|
50
|
|||||||||||||||||||||
18.
|
Seorang petani memetik buah cokelat setiap hari dan mencatatnya,
ternyata banyak buah cokelat yang dipetik pada hari ke–n memenuhi Un =
30 + 10n. Jumlah buah cokelat yang dipetik selama 20 hari pertama
adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
1.900 buah
|
D.
|
2.760 buah
|
|||||||||||||||||||
B.
|
2.300 buah
|
E.
|
2.840 buah
|
|||||||||||||||||||
C.
|
2.700 buah
|
|||||||||||||||||||||
19.
|
Jika
diketahui suatu barisan geometri: 3, 6, 12, ..., 768
Maka banyak suku dari barisan tersebut adalah....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
8
|
D.
|
11
|
|||||||||||||||||||
B.
|
9
|
E.
|
12
|
|||||||||||||||||||
C.
|
10
|
|||||||||||||||||||||
20.
|
Suatu tim basket
terdiri atas 7 calon pemain, maka banyaknya cara pelatih menyusun tim adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
56
cara
|
D.
|
21 cara
|
|||||||||||||||||||
B.
|
42
cara
|
E.
|
7 cara
|
|||||||||||||||||||
C.
|
35
cara
|
|||||||||||||||||||||
21.
|
Tiga mata uang
logam dilempar sekaligus sebanyak 120 kali. Frekuensi harapan munculnya dua
gambar adalah ... kali.
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
45
|
D.
|
140
|
|||||||||||||||||||
B.
|
70
|
E.
|
175
|
|||||||||||||||||||
C.
|
105
|
|||||||||||||||||||||
22.
|
Dari
10 siswa akan dipilih masing masing sebagai ketua, wakil ketua, sekreetaris
dan bendahara. Banyak cara pemilihan yang dapat dilakukan adalah….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
15120 cara
|
D.
|
210 cara
|
|||||||||||||||||||
B.
|
5040 cara
|
E.
|
24 cara
|
|||||||||||||||||||
C.
|
720 cara
|
|||||||||||||||||||||
23.
|
Peluang kejadian muncul mata
dadu ganjil dari sekali pelemparan sebuah dadu adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
D.
|
|||||||||||||||||||||
B.
|
E.
|
|||||||||||||||||||||
C.
|
||||||||||||||||||||||
24.
|
Hasil rata-rata ulangan
matematika dari 39 orang siswa adalah 45. Bila nilai matematika seorang siswa
baru digabungkan pada kelompok itu, maka nilai rata-ratanya menjadi 46. Maka
nilai matematika siswa baru tersebut adalah….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
56
|
D.
|
85
|
|||||||||||||||||||
B.
|
58
|
E.
|
90
|
|||||||||||||||||||
C.
|
65
|
|||||||||||||||||||||
25.
|
Diagram
lingkaran dibawah ini menyatakan jenis ekstra kurikuler di suatu SMK yang
diikuti oleh 500 siswa. Banyak siswa yang tidak mengikuti ekastra kurikuler
Paskibra adalah….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
200
siswa
|
D.
|
350
siswa
|
|||||||||||||||||||
B.
|
250
siswa
|
E.
|
375
siswa
|
|||||||||||||||||||
C.
|
300
siswa
|
|||||||||||||||||||||
26.
|
Modal sebesar Rp 750.000,00 ditabung selama
2 bulan pada sebuah bank. Jika bunga dihitung berdasarkan suku bunga tunggal
3% sebulan, besar bunga yng diterima adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Rp 3.750,00
|
D.
|
Rp 22.500,00
|
|||||||||||||||||||
B.
|
Rp 12.500,00
|
E.
|
Rp 45.000,00
|
|||||||||||||||||||
C.
|
Rp 15.000,00
|
|||||||||||||||||||||
27.
|
Nilai hasil tes penerimaan siswa baru suatu sekolah tercatat sebagai
berikut:
Nilai
rata-rata hasil tes tersebut adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
56
|
D.
|
65
|
|||||||||||||||||||
B.
|
60
|
E.
|
66
|
|||||||||||||||||||
C.
|
64
|
|||||||||||||||||||||
28.
|
Rata-rata dan simpangan
standar nilai tes matematika pada suatu kelas adalah 6,4 dan 1,2. Jika Susi
mendapat nilai 6,8, angka bakunya adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
–0,33
|
D.
|
0,33
|
|||||||||||||||||||
B.
|
–0,27
|
E.
|
0,37
|
|||||||||||||||||||
C.
|
0,27
|
|||||||||||||||||||||
29.
|
Perhatikan grafik
berikut ini!
Hasil
pengukuran tensi darah (sistol) sekelompok siswa disajikan dalam grafik
histogram di atas. Modus dari data tersebut adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
115,5
|
D.
|
104,25
|
|||||||||||||||||||
B.
|
106,75
|
E.
|
102,5
|
|||||||||||||||||||
C.
|
105,75
|
|||||||||||||||||||||
30.
|
22. Perhatikan tabel
Distribusi berikut :
Desil ke-7 (D7) dari data diatas adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
63,56
|
D.
|
66,56
|
|||||||||||||||||||
B.
|
64,06
|
E.
|
67,06
|
|||||||||||||||||||
C.
|
65,36
|
|||||||||||||||||||||
31.
|
Median dari data hasil distribusi frekuensi
dibawah ini adalah....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
42
|
D.
|
46,5
|
|||||||||||||||||||
B.
|
44,5
|
E.
|
47,5
|
|||||||||||||||||||
C.
|
45
|
|||||||||||||||||||||
32.
|
Suatu modal ditabung
dengan bunga majemuk 30 % setahun. Pada akhir tahun ke-3 modal tersebut
menjadi Rp. 2.197.000,00, maka nilai tunai modal itu adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Rp.
100.000,00
|
D.
|
Rp.
1.000.000,00
|
|||||||||||||||||||
B.
|
Rp.
549.250,00
|
E.
|
Rp.
2.133.009,71
|
|||||||||||||||||||
C.
|
Rp.
659.100,00
|
|||||||||||||||||||||
33.
|
Berdasarkan tabel
dibawah ini nilai akhir rente pranumerando dengan angsuran Rp. 100.000,00,
bunga 30 % setahun dan lamanya 2 tahun adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Rp.
518.700,00
|
D.
|
Rp.
299.000,00
|
|||||||||||||||||||
B.
|
Rp.
418.700,00
|
E.
|
Rp.
230.000,00
|
|||||||||||||||||||
C.
|
Rp.
399.000,00
|
|||||||||||||||||||||
34.
|
Simpangan
rata-rata dari data : 4, 4, 6, 7, 4 adalah….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
5,00
|
D.
|
1,75
|
|||||||||||||||||||
B.
|
3,50
|
E.
|
1,20
|
|||||||||||||||||||
C.
|
2,00
|
|||||||||||||||||||||
35.
|
Seseorang meminjam uang
dengan diskonto 2,5 % setiap bulan. Jika ia hanya menerima sebesar Rp.
390.000,00, maka besar pinjaman yang harus dikembalikan setelah satu bulan
adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Rp.
380.000,00
|
D.
|
Rp.
399.750,00
|
|||||||||||||||||||
B.
|
Rp.
380.250,00
|
E.
|
Rp.
400.000,00
|
|||||||||||||||||||
C.
|
Rp.
390.000,00
|
|||||||||||||||||||||
36.
|
Sebuah mesin seharga
Rp. 1000.000,00 dengan umur manfaat 5 tahun mempunyai nilai residu Rp.
400.000,00 Beban penyusutan mesin tersebut setiap tahun dihitung dengan
metode garis lurus adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Rp.
280.000,00
|
D.
|
Rp.
100.000,00
|
|||||||||||||||||||
B.
|
Rp.
200.000,00
|
E.
|
Rp.
80.000,00
|
|||||||||||||||||||
C.
|
Rp.
120.000,00
|
|||||||||||||||||||||
37.
|
Seorang siswa pada
setiap akhir bulan secara terus menerus akan mendapat beasiswa sebesar Rp.100.000,00 dari sebuah bank yang memberikan
suku bunga majemuk 2,5 % setiap bulan. Nilai tunai dari seluruh beasiswa
tersebut adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Rp. 2.500.000,00
|
D.
|
4.100.000,00
|
|||||||||||||||||||
B.
|
Rp.
3.900.000,00
|
E.
|
Rp.
4.250.000,00
|
|||||||||||||||||||
C.
|
Rp.
4.000.000,00
|
|||||||||||||||||||||
38.
|
Sebuah mesin dibeli
dengan harga Rp. 5.000.000,00. Ditaksir mempunyai umur manfaat 3 tahun dengan
pengoperasian selama
4.000 jam
dengan nilai residu diperkirakan Rp.2.600.000,00 Jika rincian produksi dan
tahun pertama sampai tahun ketiga berturut-turut 2.000 jam, 1.250 jam dan 750 jam. Beban penyusutan
tahun kedua adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Rp.
750.000,00
|
D.
|
Rp.
900.000,00
|
|||||||||||||||||||
B.
|
Rp. 800.000,00
|
E.
|
Rp.
1.950.000,00
|
|||||||||||||||||||
C.
|
Rp.
850.000,00
|
|||||||||||||||||||||
39.
|
Pinjaman sebesar Rp.
30.000.000,00 akan dilunasidengan anuitas tahunan selama 5 tahun
berdasarkansuku bunga majemuk 14 % setahun. Dengan bantuan tabel di bawah,
besar anuitas tersebut jika dibulatkan ke atas sampai kelipatan Rp. 1.000,00
yang terdekat adalah
….
Seorang siswa pada
setiap akhir bulan secara terus menerus akan mendapat beasiswa sebesar Rp.100.000,00 dari sebuah bank yang memberikan
suku bunga majemuk 2,5 % setiap bulan. Nilai tunai dari seluruh beasiswa
tersebut adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Rp.
7.715.000,00
|
D.
|
Rp. 10.296.000,00
|
|||||||||||||||||||
B.
|
Rp.
8.738.000,00
|
E.
|
Rp.
10.297.000,00
|
|||||||||||||||||||
C.
|
Rp. 8.739.000,00
|
|||||||||||||||||||||
40.
|
Berikut ini adalah
tabel rencana pelunasan pinjaman dengan sebagian data
Besarnya anuitas adalah ....
|
|||||||||||||||||||||
A.
|
Rp. 10.000,00
|
D.
|
Rp.
33.075,00
|
|||||||||||||||||||
B.
|
Rp. 30.000,00
|
E.
|
Rp.
40.000,00
|
|||||||||||||||||||
C.
|
Rp.
31.500,00
|
|||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar